10 Januari 2009

Jepang Berniat Gelar Piala Dunia 2018


Enam tahun silam, Jepang telah merasakan pahit-manisnya tanggung jawab sebagai tuan rumah ajang akbar sepakbola, Piala Dunia (PD). Bersama Korea Selatan, Jepang tergolong sukses sebagai penyelenggara. Bahkan, saat itu Shinji Ono dkk berhasil mengukir sejarah dengan melaju ke babak 16 besar sebelum disingkirkan Turki.

Nampaknya keberhasilan Negara Matahari Terbit tersebut enam tahun silam ingin kembali diulang pada 2018. Bukan faktor timnasnya, melainkan Jepang ingin kembali menjadi tuan rumah PD 2018. Bukan sekedar rumor belaka, sebab hal ini dilontarkan oleh Presiden Japan Football Association (JFA), Motoaki Inukai. 

Alasan utama Jepang memberanikan diri untuk kembali menjadi host adalah karena FIFA telah memutuskan untuk menghapus sistem rotasi tuan rumah PD. Sejak akhir Oktober silam, FIFA memang telah menyatakan kalau sitem rotasi benua untuk menjadi tuan rumah PD telah dihapus, sehingga negara yang sebelumnya pernah menjadi host pun berkesempatan untuk kembali mengajukan tawaran.

“Kami ingin mengajukan kembali (kesempatan menjadi host PD). Ini berarti semua negara dipersilakan (mengajukan tawaran) dan Jepang pun akan melakukannya,” ucap Inukai seperti dilansir Goal.
 

Ketika ditanyakan keinginan Jepang tersebut terkait dengan tekad Tokyo untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016, Inukai membantah spekulasi tersebut. Selain karena kedua ajang tersebut sangat berbeda, ia pun yakin kalau Jepang punya peluang besar untuk menjadi host dua event pesta olahraga terbesar di dunia itu karena faktor keamanan.

“Jika Tokyo menjadi tuan rumah olimpiade, maka mereka akan membenahi stadion dan pusat latihan. Olimpiade dan PD sangatlah berbeda. Beberapa orang mengatakan bahwa itu semua terlalu banyak (jika Jepang menjadi tuan rumah kedua ajang itu), namun Jepang memiliki keunggulan. Jepang adalah tempat yang aman, dan penonton di sini juga memiliki tabiat yang baik,” tandasnya.

0 komentar:

hIDup iNi sUdaH suSah jaNGan bikin sUSSah....

sO..... EnjOY aJA.......